Sains Kuark, Belajar Sambil Bermain

Sebagian besar dari kita mungkin mengganggap Sains adalah pelajaran yang sulit. Tapi sebenarnya itu akan menjadi sangat mudah dan menyenangkan jika di kemas dalam system belajar yang sederhana, salah satunya adalah dengan menggunakan media komik.

Kuark sangat menarik. Banyak ilmu yang bisa dipelajari disitu, tidak hanya fisika saja, ada biologinya, elektronika, ilmu perbintangan, dll. Sains Kuark adalah pelajaran sains yang dikemas dalam bentuk komik yang istilah kerennyasains bergambar”. Kata Kuark sendiri berarti inti dari suatu atom yang terkecil. Komik Sains Kuark mengajak anak SD untuk menyenangi sains, mereka bisa belajar sains dengan cara yang mudah. Dengan gambar-gambar yang nyata dan menarik, mengajak anak untuk belajar bereksperimen dan menciptakan sesuatu dengan cara-cara sederhana, namun menyenangkan. Mereka juga dapat melatih kemampuan teori sains dengan latihan soal-soal yang tersedia. Cerita dalam komik ini di dibuat sesuai dengan kehidupan yang dialami anak sehari-hari. Ini langkah yang sangat bagus . Mememuhi kesenangan anak untuk membaca komik tetapi dengan tidak meninggalkan pelajaran sekolah. Cara ini, jauh lebih memudahkan anak untuk memahami pelajaran sekolah dibandingkan membaca buku pelajaran. Kalau sudah begini, tidak usah menyuruh anak untuk belajar, Ia akan belajar dengan sendirinya dan yang lebih penting Ia menyukainya.

OLIMPIADE Sains Kuark adalah olimpiade sains yang diselenggarakan oleh PT Kuark Internasional bersama paguyuban ABC (Aku Bangsa Cerdas), lembaga pendidikan Primagama dan Stasiun Televisi Anak Spacetoon. Olimpiade tingkat nasional ini merupakan ajang untuk mengasah kemampuan sains bagi siswa sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Tujuan olimpiade tersebut untuk mendekatkan dunia sains kepada siswa sekolah dasar, mengubah persepsi masyarakat bahwa sains bisa dipelajari secara mudah dan menyenangkan, dan memberikan kepada siswa sekolah dasar untuk berkompetisi. Sementara hasil yang diharapkan yakni meningkatnya minat siswa SD pada dunia sains, selain adanya perubahan paradigma bahwa belajar sains adalah asyik, mudah dan menyenangkan. Dan, meningkatkan kemampuan kompetisi bagi setiap peserta. Subjek sains adalah fisika, biologi dan mekanika.

Pada Olimpiade Sains Kuark tingkat SD 2008, SD Model Bani Hasyim menurunkan prajurit-prajuritnya untuk bertempur besama dengan siswa-siswa SD dari sekolah lain dalam mengasah kemampuan sainsnya. terbuka bagi setiap siswa Sekolah Dasar.

Olimpiade ini terbagi dalam 3 (tiga) kategori tingkatan, yaitu Level I (untuk siswa kelas 1-2 SD), Level II (untuk siswa kelas 3-4 SD), Level III (untuk siswa kelas 5-6 SD). Olimpiade ini diselenggarakan dalam 3 (tiga) tahapan kompetisi, yaitu babak Penyisihan (16 Februari 2008), babak Semifinal (19 April 2008), dan babak Final (28 Juni 2008). Kompetisi Olimpiade Sains Kuark tingkat SD 2008 menganut sistem gugur. Dimana Peserta yang gagal pada babak kualifikasi yang diikuti, tidak berhak mengikuti babak selanjutnya.

Segenap tim Sains Alam SD Model Bani hasyim Bertaraf Internasional mengharapkan dukungan dari para civitas akademika dan wali murid untuk mendukung prajurit-prajurit Bani Hasyim menembus olimpiade sains kuark di babak penyisihan Sabtu, 16 Februari 2008 di Lembaga Pendidikan Primagama di Blimbing, yang tentunya akan menjadi kebanggaan bagi kita semua. Amin. @Firda-2008@

About these ads

~ by azwirdafrist on February 12, 2008.

42 Responses to “Sains Kuark, Belajar Sambil Bermain”

  1. [...] Olimpiade ini terbagi dalam 3 (tiga) kategori tingkatan, yaitu Level I (untuk siswa kelas 1-2 SD), Level II (untuk siswa kelas 3-4 SD), Level III (untuk siswa kelas 5-6 SD). Olimpiade ini diselenggarakan dalam 3 (tiga) tahapan kompetisi, yaitu babak Penyisihan (16 Februari 2008), babak Semifinal (19 April 2008), dan babak Final (28 Juni 2008). Kompetisi Olimpiade Sains Kuark tingkat SD 2008 menganut sistem gugur. Dimana Peserta yang gagal pada babak kualifikasi yang diikuti, tidak berhak mengikuti babak selanjutnya. Segenap tim Sains Alam SD Model Bani hasyim Bertaraf Internasional mengharapkan dukungan dari para civitas akademika dan wali murid untuk mendukung prajurit-prajurit Bani Hasyim menembus olimpiade sains kuark di babak penyisihan Sabtu, 16 Februari 2008 di Lembaga Pendidikan Primagama di Blimbing, yang tentunya akan menjadi kebanggaan bagi kita semua. Amin. Selanjutnya [...]

  2. [...] Kuark sangat menarik. Banyak ilmu yang bisa dipelajari disitu, tidak hanya fisika saja, ada biologinya, elektronika, ilmu perbintangan, dll. Sains Kuark adalah pelajaran sains yang dikemas dalam bentuk komik yang istilah kerennya ”sains bergambar”. Kata Kuark sendiri berarti inti dari suatu atom yang terkecil. Komik Sains Kuark mengajak anak SD untuk menyenangi sains, mereka bisa belajar sains dengan cara yang mudah.baca selengkapnya >> [...]

  3. selamat sains kuark telah sukses melaksanakan olimpiade babak penyisihan pada tanggal 16 Februari 2008 lalu. hebat …………………., sekarang di Indonesia sudah ada jenjang olimpiade untuk SD, bahkan kelas 1. terima kasih sains kuark yang telah memberikan jalan kepada anak bangsa untuk lebih menguasai teknologi sejak usia dini. ini perlu perhatian dari pemerintah, karena negara yang maju adalah negara yang dapat menguasai teknologi.

  4. Assalamu `alaikum Wr.Wb
    Selamat kami ucapkan kepada sains kuark yang telah sukses melaksanakan olimpiade babak penyisihan pada tanggal 16 Februari 2008 lalu. hebat …………………., sekarang di Indonesia sudah ada jenjang olimpiade untuk SD, bahkan kelas 1. terima kasih sains kuark yang telah memberikan jalan kepada anak bangsa untuk lebih menguasai teknologi sejak usia dini. ini perlu perhatian dari pemerintah, karena negara yang maju adalah negara yang dapat menguasai teknologi. ayo anak-anaku kamu pasti bisa lolos pada babak semmi final nanti pada tanggal 19 April 2008. Arya, Ridho, Anggoro, Angga, Wibi dan Billa sukses selalu untuk kalian. jangan lupa rajin belajar, belajar bukan berarti baca buku saja, tetapi melakukan sesuatupun sudah termasuk belajar. bahkan memperhatikan alam sekitarpun sudah belajar.

  5. ao kuark yang iimuut…..

  6. Olimpiade Sains Kuark (OSK) sebenarnya sangat potensiil dan dapat menjadi sangat bergengsi bila diikuti dengan program berkelanjutan bagi para peserta khususnya yang telah berhasil lolos pada babak final. Follow up dapat berupa bimbingan untuk melanjutkan kompetisi dengan siswa di negara lain ataupun apresiasi menarik berupa kesempatan anak-anak untuk menikmati benchmark pelajaran sains di negara lain atau pemberian perhatian khusus dari sekolah-sekolah (semacam beasiswa, dll) kepada para pemenang olimpiade. Dengan adanya apresiasi semacam itu , motivasi dan orientasi anak akan menjadi semakin jelas daripada hanya sekedar memperoleh medali dan selesai..

  7. kapan pengumuman semi finalnya

  8. da yang tau g’ pengumuman yang lolos ke babak final..????

  9. aku juga ikut olimpiade
    tersebut waktu kelas 4 tp skrng klas 5
    aku dari pekanbaru
    tapi cuma sampai perempat final
    heheheheheheh
    gak konsen maren
    lama bgt sampe 28 juni finalnya bisa dikasih tw gak sp yang masuk final nak mana??
    mohon kirim ke email ku yah
    bungatanjung_85@yahoo.co.id
    okayyyyyyyyyyyy

  10. Jadwal acara final Olimpiade Sains Kuark dapat dilihat disini

  11. Horeeeeeeeeee…………….. akhirnya ada juga kompetisi Sains quark di Kotabaru, Kalimantan Selatan
    Jadi aku bisa ikutan deh
    Smoga z aq lulus yaaa
    Amien…..
    aq sempat deg-degan nich
    ntar babak pertama di lakukan pada tanggal 23 november 2008
    tempatnya di gedung Mahligai

  12. i love Primagama

    I

    L
    O
    V
    E

    P
    R
    I
    M
    A
    G
    A
    M
    A

    I LOVE IT sDN 6 DRGHY KTB

  13. GIMANA CARANYA BUKA TENTANG TULANG MANUSIA

  14. Pak, saya tertarik dengan bidang sains. Saya mempunyai anak kelas 2 SD, bagaimana cara membimbing dia agar bisa mengikuti ajang olimpiade SD ? Bagaimana cara mengikuti olimpiade sd ini, apakah ada yang harus saya hubungi, saya tinggal di Pekanbaru, Riau.

    Terimakasih atas tanggapan Bapak.

    Salam,

    Lias M. S.

  15. Apakah bisa minta tolong untuk memberikan contoh soal-soal olimpiad sains untuk anak saya kelas 3 dan 5 SD. Thanks

  16. Ass. Wr.Wb
    Mohon dibantu memberikan contoh soal -soal olimpiade sains untuk anak saya yang kan lomba besok tanggal 7 Pebruari 2009 ini, untuk level 2 (klas 4)SD, bisa ngga ya.Tmkasih sebelumnya
    Wss.Wr.Wb

  17. sddffgf

  18. Tolong berikan latihan2 soal Olimpiade sains kuark

  19. hy, cmua ada yg tao g tgl bRp pengUmumAn OliMpiaDe SaiNs quarK ta0n niech,…??!!!

    c0z, qW ge pEnaSaran ngEtz niey,..

    kLo da Yg tAo email Qw ke putri_favorable@yahoo.com yach….

  20. aku juara

  21. aku ingin ikut olimpiade

  22. aku tanya cara peraktek sains

  23. bu wirda? ini vidia kapan bu wirda main dirumahku? terus bu wirda kapan masuk? bu wirda ? rumahku dijalan ikan piranha atas gang tiga nomer 6

  24. kuark,siapa saja yang lulus olimpiade kuark ipa 2008-2009 di primagama cikaret ?
    ada nama delima , lindo gatot , ruth angelia gak ?

    bales ya ke e-mail aku …
    ]

    kutunggu sekarang !
    Gak Pake Lama ya Kuark !
    thanks

  25. delima cinta

    S
    D
    N

    C

    I

    R

    I

    U

    N

    G

    0
    3

    C

    I

    B

    I

    N

    O

    N

    G

    Aku suka sekolah disitu

    !!!!!!!!!!!!!!!

    Aku

    juga

    suka

    PRIMAGAMA

    CIBINONG

    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    bye-bye

    !

  26. a

  27. nilai kuark

  28. ada yang tau gak yang lolos n mau masuk final…aku bingung karna aku tuh ikut jadi cemas…..tolong beritahu aku yaaa

  29. ada yang tahu yg masuk kuark sd darulhikam dago gak ada yang nama dinair maharani dan dhafin farsya khalis gak!!!!????

  30. my love kuark magazine

  31. hi kuark! yes now

  32. hi kuarkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!
    yessssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss………………… nowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

  33. gimana cara dapetin buku sains ipa dan matematika Sd nya ya….

  34. saafr

  35. ghghghghghghg

  36. aku suka ipa,jika kalian yang ada gak suka ipa ndeso

  37. ipa adalah pelajaran yang semua orang sukai

  38. my love is a ipa and kuark

  39. I love ipa
    I
    L
    O
    V
    E
    I
    P
    A

  40. aku suka kuark

  41. akhirnya aku di lvel 2

  42. Kuark aku mau daftar Olimpiade sains kuark dong, daftarkan ya.. Putri Amalia Ridwan , kota Jambi .no.telp082375139799

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: