Anak bodoh atau anak cerdas punya OTAK SEJUTA GIGABYTE

Kemaren di sekolah tempat mengajarku, sempat ada pelatihan menulis artikel untuk guru-guru SD. Seru banget. Sebagian besar guru ikut, walaupun ada beberapa yang tak mengikuti secara penuh, termasuk aku. ‘coz aku sendiri di tunggu anak-anak les ku di rumah.

BTW, bicara soal anak bodoh dan pintar. Menurutku sendiri tak ada anak yang bodoh. “lha wong kabeh manungsan iku diparingi akal kaliyan sang Khalik, leres ta?”

Yang saya tahu, anak bodoh atau pintar itu hanya klasifikasi orang-orang melihat nilai akademik di sekolahnya. Padahal belum tentu anak itu bodoh dalam hal yang lain.anak bodoh atau anak pandai itu sama-sama punya otak sejuta gigabyte, yang bisa dimaksimalkan kerjanya. terus ….

Kalo katanya Cakmin”Seorang anak itu dicap bodoh karena motivasi dan fokusnya untuk belajar tidak ada, mungkin karena ia lebih tertarik dengan hal lain seperti bermain bersama teman. Padahal ia belum tentu bodoh. Terus karena keluarganya sejak kecil sudah memborbardir anak itu dengan makian-makian “si bodoh”, sampai dewasa si anak selalu menggunakan alasan ini untuk mencari pembenaran atas ketidakberhasilannya.”

Anak bodoh atau anak pintar itu berbeda dalam hal kecepatan belajarnya, kecepatan dalam menguasai sesuatu. Dan itu bisa dilatih kan?

Kalau di sekolah berarti ya kita harus membuat pembelajaran yang baik, yang mampu memotivasi si anak untuk belajar. Tidak perlu ada diskriminasi dan grouping di kelas yang membedakan mana anak bodoh dan mana anak pintar. Jadi guru yang baik, ya musti sabar dan kreatif kan menghadapi berbagai bentuk makhluk yang namanya “anak didik”. Dalam pembelajaran yang efektif, kondisi anak yang bersifat heterogen itu lebih baik, karena akan mampu membangun pribadi yang mampu bersosialisasi dan bertoleransi.

Lagi …. lagi, ….

semua orang tua mempunyai keinginan memiliki anak yang pandai dan sukses dalam kehidupannya. Gengsi kalau punya anak bodoh. Sehingga orang tua kadang terkesan memaksa, tanpa melihat apa sebenarnya kemampuan anak. Pendidikan memang perlu, tapi bakat anak juga perlu dikembangkan kan?

 

~ by azwirdafrist on February 24, 2008.

8 Responses to “Anak bodoh atau anak cerdas punya OTAK SEJUTA GIGABYTE”

  1. dulu, waktu masih kecil saya juga pernah dicap bodoh hanya karena matematika saya tidak pernah dapat baik, cuma ada nilai 5 dan 6 saja. tapi saya tak pernah menjadikannya beban. hingga akhirnya saya sekarang bisa menjadi tulang punggung keluarga.

  2. Luar biasa Allah menciptakan manusia dengan berbagai kelebihan yang dimiliki manusia, sesungguhnya manusia yang belum cerdas adalah manusia yang mampu mengoptimalkan kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT, mari bersama-sama untuk tidak menjustifikasi orang itu bodoh, tolol. Mari bersama-sama untuk memberikan KESEMPATAN kepada anak-anak kita untuk tumbuh dan kembang dengan sewajarnya bukan berkembang karena paksaan ambisi orang tua…

  3. Betul Bu, kecerdasan itu tidak hanya dikur dengan matematika atau ilmu eksakta lainnya. Masih banyak jenis kecerdasan lainnya yang justru mungkin sangat berguna di masa depan si anak.
    Salam kenal
    http://kumpulantipspilihan.blogspot.com

  4. sungguh luar biasa Allah menciptakan manusia dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang di berikan. di dalam kelebihan dan kekurangan tersebut ada anak yang pintar dan bodoh. untuk menetukan anak itu bodoh ataupun pintar bisa dilihat dari segi akademisnya, apabila disebut dengan anak yang bodoh maka bisa dilihat dalam aspek akademisnya. aspek itu biasanya anak yuang bodoh dalam belajar kurang sedangakan anak yang pintar biasanya anak cepat dalam berfikir dan kritis…

  5. “cerdas” or “gak cerdas” gak penting..
    yang penting selalu bersyukur..
    mba author, trims ya, posting2nya bnyak manfaatnya..
    seneng lho ada jiwa2 muda yang bicara soal pendidikan, bosen denger ahli-ahlian berteori soal pendidikan..
    sy (lagi belajar jadi) guru, jadi semangat bacain postingannya..tks

  6. semua ga ada yang bodoh yang ngebuat bodoh ya kita sendiri,banyak nonton bokep,piktor,pikiran jahat,korupsi,maksiat,liat website porno,ahhh semua yang bikin kita bodoh ya itu

  7. Cakep bgt ya artikelnya makasih byk bro

  8. anak bodoh hnya hasil dri sebuah justifikasi lingkungannya, sebenarnya tidak ada anak yg bodoh..justru orang ( guru ) yg menjaust itulah yg bodoh, karena kurang kreatif dlm membimbng..blog yg menarik salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: