MELAKUKAN PENILAIAN DENGAN PROTOFOLIO KENAPA TIDAK?

he… he… ga nyangka banget sekarang aq dah jadi guru. tahu nggak sich kalau udah jadi guru, melakukan penilaian itu kayanya susah banget. Dari nilai ulangan siswa dan tugas saja kadang guru harus bisa objektif mendiskripsikan profil anak dalam belajar secara keseluruhan. Padahal jumlah siswa banyak, dan guru harus jeli menilainya satu-satu. Nah, model penilaian yang selama ini dikembangkan di sekolah umumnya adalah model tes tertulis (paper and pencil test) atau tes strandart yang hanya mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa saja. Padahal penilaian itu juga tidak hanya mengukur aspek kognitif belajar siswa, tapi juga mengukur aspek psikomotor dan afektifnya juga. Kalau guru yang kreatif, penilaian terhadap kedua aspek tersebut bisa dilakukan denganmembuat rubrik-rubrik penilaian yang banyak. Dan itu butuh waktu lama dan guru tidak mungkin secara mandiri melakukan itu semua tapu butuh guru pendamping sebagai pengamat. Nah dengan menggunakan penilaian portofolio semua itu bisa di cover. selanjutnya

~ by azwirdafrist on February 25, 2008.

2 Responses to “MELAKUKAN PENILAIAN DENGAN PROTOFOLIO KENAPA TIDAK?”

  1. Bu, penilaian dengan portofolio itu memang ide bagus di terapkan di sekolah-sekolah kita. tapi jika kita memegang banyak kelas, apalagi kelas yang gemuk (jumlah siswanya banyak) kita jadi kewalahan. penilaian yang jadinya objektif jadi malah subjektif.
    Tapi, kembali lagi. saya setuju jika penilaian bisa dengan portofolio, karena 2 semester ini sudah saya terapkan, walaupun pengumpulan artefak di dalamnya masih dilakukan oleh guru, tapi artefak itu sendiri yan jelas dibuat oleh siswa sendiri.
    SELAMAT JADI GURU, SEMOGA ANDA MENIKMATI PROFESI INI ….
    ADA HIKMAH YANG BERLEBIH DI DALAMNYA. OK

  2. yap betul itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: