MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DENGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

“Guru yang baik pertama-tama adalah guru yang pandai mengajar, yang pandai menjelaskan pelajaran, sehingga dipahami murid-murid” itulah profil guru yang baik yang dikutip dari Hasibuan, dkk (1988) dari Nasution pada bukunya yang berjudul “Praktek Keguruan” yang diterbitkan oleh Depdikbud, 1974. Dalam dunia pendidikan di masa itu, pernyataan tersebut sudah merupakan harapan bahwa guru seharusnya adalah guru yang berkualitas, yang dapat menjadikan para siswa memahami pelajaran. Dalam perkembangan dunia pendidikan masa kini, kepandaian guru tidak hanya dalam menjelaskan pelajaran saja. Guru masa kini sebagai pendidik profesional (dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik) membutuhkan peningkatan professional secara terus menerus. selanjutnya

~ by azwirdafrist on February 25, 2008.

5 Responses to “MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DENGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS”

  1. gue setuju banget dengan pernyataan lo. soale banyak guru yang sekarang disebut-sebut sebagai guru profesional karena lolos sertifikasi ternyata banyak yang gak bisa desain PTK dengan baek dan terkesan ogah-ogahan. ini gue saksiin sendiri waktu gue jadi asisten dosen untuk mata kuliah metode penelitian pendidikan di jurusan biologi Univ. Negeri Malang, pada waktu itu guru-guru yang lolos sertifikasi dilatih untuk melakukan PTK dengan sekala kecil untuk permasalahan kelasnya sendiri, eee ternyata mereka gak tahu apa akar masalah dikelas yang diajarnya sendiri, bener-bener kelewatan. untuk apa guru tersebut nuntut gaji lebih kalau emang mereka belom bisa profesional di bidangnya.

  2. Saya telah 3 kali melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tetapi saya masih merasa kesulitan dalam mencari kajian tiori yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan kita lakukan terutama model-model pembelajaran yang cocok tolong dong kirimi saya beberapa contoh model pembelajaran yang sesuai pembelajaran SD

  3. subhanalloh, sudah pintar cantiks lagi!

  4. gila…gw per1 denger lg ni gw langsyung mrinding!sbenernya gaby tuch sapa sich?

  5. SUBHANALLAH, CANTIKNYA…PINTAR LAGI.
    SAYA MOHON DI CARIKAN CONTOH PTK TENTANG SLB 1

Leave a Reply

 
