RENUNGAN KEMAJUAN ZAMAN

Apa yang anda rasakan saat ini, kita pasti merasa dunia ini sekarang semakin ruwet dengan berbagai macam masalah yang saling tumpang tindih. Apakah menurut anda zaman sekarang sudah berubah?

Tentu saja, zaman sekarang berbeda dengan zaman prasejarah dulu. Sebenarnya apanya yang berubah? Ya cara berfikir dan bertindaknya. Ya kan?….kalo dulu ingin mencari makan harus berburu dengan peralatan seadanya, kalau sekarang ingin makan ya bisa beli di pasar, supermarket, warung, resto atau di food courtnya mall-mall. Apakah itu memang kemajuan atau malah kemunduran ya?
Hanya memperbaiki masa lalu bukanlah kemajuan. Mengambil langkah pasti ke depan itulah kemajuan, itu sich katanya pak Kahlil Gibran. Kemajuan itu adalah kesadaran. Kesadaran bahwa kita hidup di zaman sekarang, bukan di masa lalu. Bukan pula di masa depan. Tidak peduli masa sekarang ini modern atau kuno, yang jelas kemajuan berarti kita hidup dalam ke-kini-an. Bukan kenangan atau impian.
Nah sebagai seorang manusia. Tuntutan hidup yang semakin beragam menjadi cambuk untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang lebih canggih, lebih modern, lebih mutakhir dan lebih segala-galanya. Akhirnya menjadi ajang persaingan manusia dengan manusia, atau manusia dengan teknologi, bahkan terjadi persaingan teknologi dengan teknologi menjadi semakin tidak dapat dihindari. Dan kemanjuan pun kebabalasan. Kalau katanya Pak Aji Dedi M waktu pelatihan mengenai peradaban , persaingan antara teknologi dan teknologi itu seperti yang terjadi sekarang antara Amerika dan Irak.
Saat ini kemajuan sering kali dikaitkan dengan modern. Menjadi maju berarti menjadi modern. Kehidupan modern identik dengan kecanggihan, kemutakhiran atau segala hal yang baru. Sampai-sampai memaksakan diri kita untuk mendapatkan sesuatu yang terbaru dan termodern supaya disebut seseorang yang berpikiran maju atau mempunyai kehidupan yang maju. Ya contohnya saja kalau kita ingin beli HP atawa handphone tentunya kita ingin beli yang paling baru yang paling canggih, yang ada kameranya sejuta pixel, de el el supaya tidak dianggap kagak jadul.
Mengikuti zaman sich OK-OK aja, asalkan tidak memaksakan diri. Kalau memang tidak pas dengan keadaan diri kita ya tinggalin aja. Toh masih ada yang lebih penting daripada mengikuti aturan kemajuan zaman itu.
Yang jelas kemajuan zaman tidak dilihat dari dandanan kita diluarnya aja. Tidak dilihat dari seberapa canggih alat yang kita miliki. Kemajuan tidak dapat dipaksakan, dan bukan selalu dapat diartikan bahwa kemajuan zaman adalah mengikuti trend. Kalau misalnya sedang trend ekstasi, ikut-ikutan pakai ekstesi, ya ini sich namanya bukan kemajuan zaman.
Kemajuan membutuhkan kesadaran berpikir dan bertindak. Tapi sekarang malah sering disalah artikan. Sebab nyatanya sekarang tindakan burukpun juga mengalami kemajuan. Dalam arti semakin banyak orang yang mengindahkan aturan yang ada.
Menurut Anda, apakah sekarang korupsi menjadi trend. Apakah anda seorang yang korup. Layakkah anda dianggap sebagai seorang yang berpikiran maju dengan segala pikiran fantastis untuk menjadi seorang koruptor sejati?
Ikutilah kemajuan dalam diri seperti air yang mengalir. Yang menentukan kemajuan adalah diri kita. Apakah akan berdiri terus tanpa melakukan apa-apa atau berlaku sesuai dengan perkembangan zaman. Atau mungkin menjalani hidup apa adanya dengan terus berusaha menjadi lebih baik? Jawabannya ada dalam diri kita sendiri. Kemajuan adalah langkah yang di ambil sekarang, jadi melangkahlah terus ke depan jangan berhenti…..

~ by azwirdafrist on February 25, 2008.

2 Responses to “RENUNGAN KEMAJUAN ZAMAN”

  1. selamlar
    http://www.huzurisyanda05.blogcu.com

  2. […] Sumber […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: