Aku Ingin Menjadi Wanita, Citra Kartini Modern Di Mata “Mereka”

Perempuan, gadis, ladies, women, girl, perawan, janda, ♀, atau apalah istilah untuk makhluk indah dan lembut yang diciptakan Allah bernama wanita. Subhanallah, wanita ‘ada’ di dunia ini lengkap dengan segala kekurangan dan kelebihannya untuk melengkapi tatanan kehidupan. Tapi tahu nggak, Ada istilah lama yang sengaja diistilahkan untuk posisi kaum wanita “kasur, pupur, dapur” atau istilah lain “macak, masak, manak”. Ehm…..Begitu sederhanakah peran wanita di dunia ini hanya sekedar untuk melayani suami di tempat tidur, melahirkan anaknya dan merias diri hanya untuk suaminya. Apakah wanita tidak boleh untuk mengembangkan diri dalah hal pendidikan dan karier pekerjaannya yang nantinya bisa menaikkan martabatnya.

Bicara mengenai ‘emansipasi’ pastilah tak lepas pemikiran kita dari perjuangan Kartini di masa lalu yang dengan pertaruhan nyawanya telah mengangkat derajat kaum wanita untuk sejajar dengan pria, terutama dalam bidang pendidikan. Berbicara mengenai emansipasi wanita memang bukanlah barang yang asing lagi karena sudah terlalu sering didengungkan lewat berbagai media dan berbagai forum. Perkembangan yang ada saat ini ‘emansipasi’ diartikan sebagai kemajuan dan kemuliaan wanita manakala telah mampu melampaui atau sama dengan yang dicapai kaum pria. Kemajuan dan kemuliaan wanita diidentikkan dengan jabatan, gelar, atau status social yang dicapai.

Sebagai seorang yang termasuk golongan wanita, sudah menjadi impian untuk bisa membangun diri dan keluarga menjadi teladan yang baik dan meraih kemuliaan wanita dengan ilmu serta keimanan. Semakin banyak ilmu yang mampu dipelajari tak hanya ilmu secara akademik, tapi juga ilmu untuk bersosialisasi maka hidup akan semakin bermanfaat jika ilmu yang didapat itu mampu diaplikasikan secara benar. Dan tentunya juga tetap mengokohkan keimanan agar penerapan ilmu itu tidak telalu kebablasan.

~ by azwirdafrist on May 1, 2008.

2 Responses to “Aku Ingin Menjadi Wanita, Citra Kartini Modern Di Mata “Mereka””

  1. Baik buruknya dunia berada di tangan wanita😛
    Bila iman senantiasa dipegang oleh mereka, niscaya bakal aman, tentram dan sejahteralah dunia…………

  2. Hi there colleagues, its wonderful piece of writing about tutoringand fully defined,
    keep it up all the time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: