Laskar Pelangi, Inspirasi Full Extra Sindiran

Akhirnya ada juga film yang bisa memacu adrenalin halus manusiawi orang yang menontonnya, apa lagi kalo bukan film Laskar Pelangi. Dua kali nonton film ini, dua kali atau mungkin lebih aku bisa bilang film ini excelent.

Pesan moral pendidikannya cukup pantas jadi primadona, sindiran-sindirannya juga layak jadi kamus introspeksi. kalau dari segi profesi guru, hikmah film ini Intinya meluruskan niat kembali menjadi sosok guru yang sebenarnya. Maksud saya, secara sadar sejak awal saya, anda dan semua orang tahu dan paham benar bahwa profesi guru dari dulu-sekarang memang ber”gaji” kecil. Lalu buat apa kita mengeluh sekarang, ketika toh pada akhirnya kita sudah memilih guru sebagai profesi. Ya, jangan sampailah saya atau anda dan Kita justru menjadi seorang guru yang menjadi“pengeluh yang risau” menunggu tambahan dan kenaikan gaji berikutnya tiba. Guru harusnya berkarya, itulah yang penting. Berkarya dari berbagai sisi kehidupannya.

Ya.. hidup memang pilihan, jika guru memang merupakan pilihan ya harus tahu konsekuensinya.

Guru bukan profesi ironis, tapi profesi “jempol”is. Bahkan termasuk guru dari sekolah pinggiran pun. Pabrik dan teknologi memang bisa menciptakan suatu hal yang fantastic, tapi Cuma guru yang mampu membangun pendiri-pendiri pabrik dan teknologi yang energic.

~ by azwirdafrist on October 30, 2008.

One Response to “Laskar Pelangi, Inspirasi Full Extra Sindiran”

  1. Bener mbak…bener banget…satuju…tapi kesejahteraan kebanyakan guru sestandart karyawan pabrik…bahkan mungkin mungkin beberapa diantaranya masih jauh di bawahnya…memprihatinkan…lam kenal ya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: