PENDIDIKAN

PENERAPAN METODE MENGAJAR DENGAN TIM (Team teaching method)

Team teaching, metode ini aku tahu sejak aku kuliah dengan Pak Pudyo. Setidaknya pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM) ada dua atau tiga dosen yag masuk. Eh sekarang, aku menerapkannya di sekolahku dalam pengajaran SAINS ALAM dengan bu Triana.

Menurut martiningsih, metode mengajar beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya, setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiap siswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut

Pembelajaran dengan Team Teaching ini memudahkan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran, kegiatan penilaian, kegiatan remedial dan pengayaan serta mengambil keputusan dalam menentukan tingkat pencapaian peserta didik terhadap mata pelajaran atau materi tertentu. Pak Supardi menegaskan bahwa “’team teaching” bukan sekedar guru mengajar bergiliran. Team Teaching bermanfaat untuk memberikan pelayanan pengajaran yang variatif pada siswa.

Idealnya dalam penerapan Team Teaching adalah beberapa orang guru yang sewaktu-waktu dapat membantu guru lain yang berhalangan untuk memberikan materi sebagai bahan pembelajaran kepada siswa-siswi. Guru pendamping dapat berperan sebagai salah satu anggota team teaching, sebagai pengamat atau sebagai model.

Dalam pembelajaran Sains Alam di SD, metode team teaching ini dapat mengefektifkan pembelajaran dengan kondisi anak SD yang mobilitasnya tinggi. Sehigga guru mampu mengkover semua siswa dalam kelas dan materi dapat tersampaikan.


7 Responses to “PENDIDIKAN”

  1. […] pendidikan […]

  2. jadi timbul masalah saat anggota tim gak sadar f(x)nya dalam tim…
    dalam perkuliahan persentase penerapan teori tim teaching tinggal teori..mungkin ini sebabnya potensi mahasiswa tidak tergali ya? wong dosennya aja masih belom sadar konsep tim teaching.. ada tips n triknya mba..?

  3. bener mba.. kadang di dlam tim ada aja yang ga bisa keep up dengan yang lain, ujung-ujungnya kita harus nutupin..
    Kalo di awal aja gpp, tapi kalo keseringan capek juga bimbingnya.. However, team teaching mmg salah satu alternatif bagus u mengakomodir ide2 supaya pbm berjalan variatif dan tidak membosankan..

  4. ass. mohon bantuan untuk disebarluaskan metode mr ( makhmud rudiyanto ) : metode untuk menghentikan / menundukkan / mengatasi melubernya luapan lumpur lapindo, gunung berapi dan fenomena semacamnya. terima kasih. wss

  5. Iya c frist, teorinya dulu kan gitu…
    tapi…di sekolahQ, gurunya susah diajak team teaching…masih ada yang menunjukkan ego ke-aku-annya…
    capek deh???
    Akhire aq jd males…tambah parah kan???
    Ada saran gak?

  6. hallo kuark

  7. saya sudah mencoba dan emang enak jika kompak dgn team, saya mo nulis juga tentang ini tapi agak susah cari teori strateginya . dimanapun anda bantu au dng makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: